Petugas Sedekah Sampah Ditempatkan di Tiap Acara Pemkot

Senin, 13 Maret 2017
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menempatkan petugas "Sedekah Sampah" dalam setiap acara Pemerintah Kota Tangerang. Hal ini untuk mengantisipasi sampah yang berserakan. 
 
 
Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Tangerang Buceu Gartina di Tangerang mengatakan, seluruh petugas yang bekerja akan dilengkapi dengan kantong plastik untuk memasukkan sampah - sampah.
 
 
Tak hanya membersihkan saat maupun sesudah acara, tetapi petugas juga menyisir sampah saat acara berlangsung. Biasanya, pengunjung atau tamu acara membuang sampah secara sembarangan meski telah disiapkan tempat sampah.  "Biasanya tamu undangan membuang sampah sembarangan. Maka itu, petugas langsung sigap membersihkan sampah hingga acara selesai," ujarnya.
 
 
Sampah yang bersihkan pun dibagi dua yakni untuk sampah organik dan anorganik. Maka itu, plastik yang disiapkan pun berbeda dan bisa dipakai kemudian. "Target kita adalah menjaga lokasi acara menjadi bersih sekaligus mengedukasi warga agar tertib membuang sampah," ujarnya.
 
 
Perlu diketahui, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah telah mencanangkan Gerakan Sedekah Sampah yang juga bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017 tingkat Kota Tangerang. Gerakan Sedekah Sampah adalah gerakan sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang. 
 
  
Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama. Sampah yang sudah dipilah warga, disedekahkan melalui bank sampah dan hasilnya akan diberikan kepada BAZDA.
Top

Android

Web
Tutup