Petugas Cageur Jasa Blusukan Ke Kampung-kampung

Selasa, 06 Februari 2018

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada warganya. Salah satu program yang dicanangkan yaitu Colaborasi Kunjungan Terintegrasi Keluarga Sehat (Cageur Jasa) di bawah Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Tangerang yang memberikan pelayanan ke rumah-rumah warga di Kota Tangerang. Pelayanan tersebut berupa pemeriksaan kesehatan serta pemberian obat yang diperlukan.

 

Petugas dibekali kendaraan bermotor roda dua yang dilengkapi dengan mini bagasi disamping kiri dan kanan serta belakang untuk membawa perbekalan obat-obatan dan keperluan lainnya.  Meski demikian, tak jarang petugas harus berjalan kaki karena rumah warga yang dituju tidak bisa dilalui oleh motor.

 

Kali ini penulis berkesempatan mengikuti kegiatan salah satu tim petugas Cageur Jasa dari Puskesmas Jurumudi Baru, Benda, Kota Tangerang. Petugas tersebut bernama Rifkha F. Kuryadinata dan Dokter Sandra, setiap harinya mereka melakukan blusukan dari kampung-ke kampung yang menjadi wilayah operasi mereka.

 

“Saat ini saya sedang bertugas melakukan pendataan dan pemeriksaan warga di daerah Blendung. Kami dalam bertugas juga menggandeng kader posyandu, untuk menunjukan warga mana yang sekiranya memerlukan prioritas pemeriksaan,” katanya, Senin (5/2).

 

Kali ini RIfkha mendatangi bersama kader Posyandu Blendung serta dokter Sandara mendatangi warga RT.3/RW/3 Blendung yang salah satu anak pemilik rumahnya mengalami gangguan jiwa, Hadi Khumaidi usia 27 tahun.

 

Disambut ramah dan antusias, pemilik rumah Abdul Falaq mengaku senang didatangi petugas yang dianggapnya sangat peduli terhadap kondisi anak mereka serta dirinya. “Ya senang sekali mas didatangi oleh mereka, kita dicek kesehatannya juga dikasih obat. Saya tadi dicek tensi nya tinggi, dan langsung di kasih obat ama ibu dokternya,” ucapnya dengan logat betawi.

 

Dalam kunjungannya petugas Cageur Jasa kerap menerangkan dan memberikan penjelasan bahwasannya pentingnya menjaga kesehatan yaitu dengan pola hidup sehat dan menjaga makanan yang bervitamain. Selain itu, petugas juga memberikan penjelasan terkait keluhan yang dialami warga.

 

“Tadi bapak Abdul Falaq itu tensinya tinggi, oleh karena itu saya berikan penjelasan agar beliau menjaga pola makan dan kesehatannya,” tutur Rifkha.

Top

Android

Web
Tutup