Percepat Penataan Transportasi, Wali Kota Tangerang Sambangi Direktur Transportasi Bappenas

Senin, 13 Februari 2017

Menata transportasi di sebuah kota yang tengah berkembang pesat dibutuhkan komitmen serta dukungan kuat dari berbagai aspek. Mulai dari ketersediaan infrastruktur hingga kesadaran para penggunanya. Begitu halnya upaya penataan yang terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang guna menciptakan kota yang relatif lancar dari hiruk-pikuk kendaraan, nyaman dan aman bagi masyarakat khususnya para pengendara.

 

Oleh karena itu, untuk mempercepat berbagai upaya penataan bidang transportasi di Kota Tangerang. Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, beserta Kepala Dinas Perhubungan, Syaiful Rohman dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Nana Supriatna, serta Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Said Endriyanto, melakukan koordinasi dengan Direktur Transportasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Ikhwan Hakim, di Ruang Kerjanya, di Jalan Taman Suropati, No. 2, Jakarta Pusat, Senin (13/02).

 

Dalam diskusinya dengan Ikhwan Hakim, wali kota menyampaikan, beberapa hal terkait penataan transportasi. Menurutnya, masalah transportasi khususnya kepadatan lalu-lintas menjadi salah satu prioritas Pemkot Tangerang. Apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan setiap harinya tentunya harus diikuti dengan kesiapan sarana dan prasarana yang ada. Dengan transportasi massa yang memadai, diharapkan masyarakat dapat beralih untuk menggunakan transportasi publik yang disediakan.

 

Dirinya juga menyampaikan, dinamika pertumbuhan transportasi yang kian tinggi harus turut disiasati dengan ide-ide yang solutif serta inovatif sehingga apa yang dibuat benar-benar memberikan solusi dan berguna bagi masyarakat.

 

Seperti diketahui, Pemkot Tangerang telah menyediakan Bus Rapid Transportation (BRT) yang melayani rute dalam kota. Saat ini melayani rute Terminal Poris Plawad-Jatiuwung dan dalam waktu dekat, akan ditambah rute Terminal Poris Plawad-Perum. Di mana rute akan terus ditambah hingga dapat melayani ke setiap kecamatan. Kemudian, transjabodetabek, melayani rute dari Terminal Poris Plawad-Taman Anggrek-Pulo Gadung-Kemayoran-Bundaran Senayan-Pasar Baru.  

 

Selain itu, elevated busway Ciledug-Poris, yang terus kami upayakan agar dapat segera ditindaklanjuti, mengingat Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) dan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan telah selesai. Adapun pembangunan elevated busway akan dibagi dalam dua tahap, yakni mulai dari Kampus Universitas Budi Luhur hingga CBD Ciledug. Dilanjutkan hingga Terminal Poris Plawad, dengan total keseluruhan sekitar 12 kilometer. Di mana pembangunannya akan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, Kota Tangerang hanya akan menerima dalam bentuk hibah. Kemudian, proyek kereta apidouble track menuju Bandara Soekarno Hatta, yang sebagian rutenya melalui wilayah Kota Tangerang.


Upaya tersebut, tentunya memerlukan koordinasi dan dukungan dari berbagai pihak, agar pembangunannya dapat terlaksana dengan cepat dan tepat.

   

“Makanya kami terus upayakan koordinasi dengan pihak terkait yang dapat turut mempercepat upaya kami dalam menata transportasi. Seperti kedatangan kami hari ini ke Bappenas, kami mohon arahan, dukungan serta solusi yang terbaik dari bapak dalam upaya mengatasi dan menata transportasi di Kota Tangerang agar semakin baik lagi,” ujarnya saat rapat koordinasi.  

 

Wali kota sangat berterima kasih atas waktu yang telah diberikan oleh Direktur Transportasi Bappenas, Ikhwan Hakim serta jajarannya yaitu Petrus Sumarsono, Perencana Utama Direktorat Transportasi dan Rika Zikriyyah, Perencana Pertama Direktorat Transportasi, untuk menerima, mendengarkan dan diharapkan dapat turut memberikan jalan keluar atas segala upaya yang tengah Pemkot Tangerang lakukan dalam menata transportasi yang semakin nyaman, aman, efektif dan efisien.

 

 

 



Tangerang, 13 Februari 2017

Kepala Bagian Humas  

 

 

 

H. Felix Mulyawan
Nip : 196410011992021001

Top

Android

Web
Tutup