Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Perayaan Sejiet Ke 329

Sabtu, 17 Maret 2018
Perayaan Sejiet ke 329 Kongco Hok Tek Djeng Sin di Vihara Nimmala (Boen San Bio) Kecamatan Karawaci dimeriahkan dengan pagelaran seni dan budaya.
 
Dalam kegiatan perayaan Sejiet yang digelar mulai Jumat (16/3) sampai dengan Minggu (18/3) itu dilombakan seni budaya gambang kromong, Ngibing manula, pemilihan kode dan cide, atraksi liong dan barongsai,lomba menghias tumpeng dan pentas seni lainnya.
 
Ketua panitia Johnly Permana mengatakan, cina benteng merupakan akulturasi konkret kebudayaan tionghoa di Indonesia banyak budaya yang merupakan hasil akulturasi diantaranya adalah gambang kromong.
 
"Banyak masyarakat yang mempelajari dan mengulasnya oleh karenanya menjadi alasan kami dalam perayaan Sejiet tahun ini mengambil tema melestarikan budaya dengan merajut keberagaman beragama, Kami berharap bukan hanya budaya saja yang lestari tetapi juga kerukunan umat beragama," ujar Johnly.
 
Menurutnya tanda lestarinya budaya dilihat dari partisipasi generasi muda dalam mencintai budaya. Seperti yang terlihat dalam partisipasi seni budaya khas tionghoa yang diikuti pelajar.
 
"Ada lomba pemilihan Kode Cide Benteng yakni semacam duta budaya Tionghoa di Kota Tangerang," kata dia.
 
Ditambahkan Johnly, dalam perayaan Sijiet juga digelar Ngibing manula yang pesertanya orangtua berusia diatas 50 tahun dengan diiringi gambang kromong.
Top

Android

Web
Tutup