Optimalkan Potensi Perkampungan, Pemkot Gagas Kampung Wisata

Minggu, 05 Februari 2017

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana untuk membangun kampung-kampung wisata. Pembangunan kampung wisata ini merupakan bagian dari keinginan untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai Kota Layak Dikunjungi atau Kota Wisata sebagaimana konsep yang terkandung dalam Tangerang Live.

 

Dan sampai saat ini sudah ada sekitar dua lokasi yang rencananya akan dijadikan sebagai Kampung Wisata, yaitu Kampung Beksi di Batusari Kecamatan Batuceper dan juga Kampung Betawi di Paninggilan Ciledug.

 

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang menyampaikan sambutan pada Acara Festival Kampung Layak Anak di Larangan Utara menyampaikan bahwa konsep Kampung Wisata selain menawarkan detinasi wisata tematik juga menawarkan keunikan dari masing-masing kampung yang ada, mulai dari makanan khas dan juga tradisi di kampung tersebut.

 

“Kita rencananya kembangkan Kampung Wisata yang menawarkan ke khasan yang ada di kampung tersebut. Contohnya kalau disini mungkin nanti bisa bikin makanan khas Sekar Setaman sehingga orang bisa tertarik untuk datang dan menikmatinya,” papar Wali Kota, Minggu (05/02).

 

“Apalagi kalau dilihat kondisi kampung Larangan Utara ini sudah bagus banget, bersih, hijau dan nyaman,” sambungnya mengapresiasi keberadaan RT 04 RW05 Larangan Utara yang menjadi lokasi Festival Kampung Layak Anak.

 

Di lokasi tersebut memang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai salah satu lokasi Kampung Wisata. Keguyuban warganya membuat suasana kampung yang terletak di gang-gang sempit wilayah Larangan terlihat asri dengan tanaman hijau yang menghiasi sisi kanan dan kiri jalan, belum lagi kondisi jalan paving blok yang rapi dengan cat warna-warni. Bahkan anak-anakpun bisa belajar bahasa Inggris dan Bahasa Arab secara gratis di kampung tersebut.

 

Sehingga Wali Kota juga berharap warga maupun pengurus RT dan RW yang lain bisa meniru apa yang telah dilakukan oleh masyarakat di RT 04 RW 05 Larangan Utara tersebut, terutama dalam menciptakan lingkungan yang nyaman. “Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi RT dan RW yang lain,” ujarnya.

 

Wali Kota juga menjelaskan bahwa pihaknya melalui berbagai program yang dibuat telah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang tidak hanya nyaman namun juga Layak Huni dan Aman. “Kami sedang berupaya bagaimana mencipatakan kota yang layak huni, yang nyaman, aman dan bersih. Kita harus mempersiapkan kota ini bukan hanya untuk kita namun juga untuk anak cucu kita,” tegasnya.

 

Ditambahkannya pembentukan Kampung Wisata tersebut juga merupakan bagian dari usaha pemkot Tangerang untuk menciptakan kampung yang tidak hanya nyaman namun juga bisa bermanfaat bagi warganya, sehingga ada rasa memiliki dari warganya untuk kemudian merawat dan menjaga kampung mereka masing-masing, kampung yang telah memberikan banyak manfaat untuk kehidupan warga masyarakatnya.

 

“Kita ingin kembangkan kampung-kampung lain yang terus memberikan manfaat bagi warganya,” tukasnya.

 

 

 

 

 

 

Tangerang, 05 Februari 2017

Kepala Bagian Humas  

 

 

 

H. Felix Mulyawan
Nip : 196410011992021001

Top

Android

Web
Tutup