Koramil 05 Ciledug Bantu Warga Buatkan MCK

Jumat, 17 Februari 2017

Puluhan prajurit TNI Koramil 05 Ciledug membantu sejumlah warga membangun sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) di Kampung Bulak, Pondok Pucung, Kecamatan Ciledug. Kegitan tersebut merupakan wujud kepedulian anggota TNI terhadap lingkungan setempat yang dipandang kotor.

 

Kegiatan itu sekaligus membantu pemerintah Kota Tangerang mewujudkan kota sehat. Gedad (56) warga RT 4/6 Kelurahan Pondok Pucung mengaku senang atas bantuan dari anggota Koramil 05 Ciledug yang telah membantunya membuatkan MCK.

 

Pasalnya, selama ini dia dan beberapa warga lainnya membuang hajat di tempat yang tidak semestinya, seperti sungai dan kali.  “Ya senenglah, enggak usah jauh-jauh buang hajat, terima kasih lah pokoknya mah,” tutur pria yang mengaku berprofesi sebagai pedagang pasar tersebut.

 

Serda Sunardi salah seorang anggota yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, sumber dana kegiatan ini berasal dari iuran sesama anggota Koramil 05 dan bantuan pemerintah melalui kelurahan setempat.

 

Dia berharap kegiatan ini dapat membantu warga untuk dapat hidup layak dan sehat. “Ya walaupun enggak banyak, mudah-mudahan bisa menyadarkan warga juga untuk pola hidup sehat. Jaga lingkungan juga, kalau bersih kan enak,” ujarnya.

 

Berdasarkan pantauan beberapa warga tidak mempunyai penampungan kotoran. Hanya terdapat kubangan air tanpa penutup. Akibatnya, bau tidak sedap kerap tercium di lingkungan tersebut.  Bermodalkan alat pertukangan sederhana dan beberapa material bangunan, para prajurit membuatkan Gedad MCK berukuran 3X 2 meter lengkap dengan penampungan kotoran.

 

 MCK tersebut menurut Sunardi, dapat bertahan selama beberapa tahun ke depan. “Ini kita pakai bata ringan saja, sederhana tapi Insya Allah awet lah,” pungkasnya.

 

Anggota Koramil 05 Ciledug kerap diterjunkan membantu waga, seperti mengadakan pembersihan lingkungan. Selain itu, program Pemkot juga sering dibantu oleh mereka, salah satunya program kota sehat.

Top

Android

Web
Tutup