Batik Benda Wujud Pelestarian Warisan Indonesia

Selasa, 12 September 2017
Kota Tangerang kental akan nilai seni dan budaya, hampir sejumlah kecamatan yang ada memiliki beragam potensinya. Pemerintah kota Tangeranpun selalu mendukung penuh kemajuan serta pengembangan seni budaya yang ada. Batik merupakan salah satu nilai budaya dan warisan Indonesia yang diakui internasional.
 
Salah satu warga di Jurumudi Baru, kecamatan Benda, Hj.Dewi, mengembangkan corak batik yang bernuansa daun Benda. Keberadaanya sejak 2015 hingga saat ini terus semakin berkembang dan diterima masyarakat luas, tidak hanya di Tangerang namun juga di beberapa kota besar lainnya.
 
Lurah Jurumudi Baru, Agung Permana menuturkan bahwa batik ini sudah didaftarkan hak ciptanya dan kini terus semakin berkembang. "Alhamdulillah saya lihat perkembangannya batik benda ini semakin baik, dia sering ikut serta dalam pameran-pameran besar baik itu di kota Tangerang maupun Jakarta," terangnya.
 
Agung menambahkan, pihaknya terus mendukung upaya dan langkah yang terbaik agar batik Benda ini terus semakin dikenal, khususnya di wilayah Tangerang.
 
Pemasaran produk UKM ini, diakui Agung, memang belum begitu luas. Namun ada pengembangan yang sudah dilakukan pihaknya, yaitu pengemasan. Kemasan bati dibuat seapik mungkin untuk menarik orang agar membeli.
 
"Setahu saya saat ini dipasarkan melalui online, ikut pameran dan juga ada di gerai oleh-oleh yang ada di bandara Soekanro Hatta. Kami optimis batik Benda ini akan semakin banyak diminati orang," pungkasnya.
Top

Android

Web
Tutup